Pencarian

Jumat, 25 Desember 2009

Picture Editing pada COBOL

Picture editing Berguna untuk perubahan bentuk data dari data yang telah tersimpan distorage (memori). Dengan adanya editing (perubahan), data yang dicetak pada output akan tampak lebih mudah dibaca, mudah dimengerti dan mempunyai susunan yang lebih baik dibandingkan dengan bentuk data asli yang tersimpan di storage.
Macam-macam picture editing :
1. Picture editing Z : digunakan untuk menggantika angka 0 diawal agar tidak tampak pada waktu pencetakan.

2. Picture editing $ : pada saat pencetakan karakter $ akan tampak pada ujung paling kiri.

3. Picture editing “.” : digunakan untuk menunjukkan letak posisi dari titik desimal pada pencetakan, hanya boleh dipergunaka 1 saja.

4. Picture editing “,” : digunakan untuk memberikan tanda koma pada tempat-tempat tertentu, dan boleh digunakan lebih dari 1.

5. Picture editing “-“ : Jika data asli bernilai minus maka penggunaan tanda minus di awal atau diakhir akan menyebabkan tanda minus muncul pada saat pencetakan, sedangkan bila data positif akan digantikan dengan blank.

6. Picture editing “+” : jika tanda plus digunakan diawal atau diakhir data maka akan tampak pada pencetakan bila data bernilai positif, jika data negatif akan muncul tanda minus, jika tidak bertanda dianggap positif.

7. Picture editing B : digunakan untuk mengedit nilai data bukan numerik.Blank akan disisipkan pada posisi dinama karakter B ditempatkan.

8. Picture editing “*” : digunakan untuk menggantikan nilai nol pada nilai data disebelah kanan dengan tanda *.

9. Picture editing 0(nol) : digunakan untuk menyisipkan angka 0 pada posisi dimana karakter 0 ditempatkan.

10. Picture editing “/” : digunakan untuk menyisipkan karakter “/” diposisi dimana karakter tersebut ditempatkan.

11. Picture editing DB dan CR : Sering digunakan pada aplikasi akuntansi. Ditulis mulai ujung sebelah kanan dari picture, dan hasilnya hanya tampak pada hasil edit bila nilai datanya negatif.

0 komentar:

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP